Pulau Kelapa

Kastara.ID, Jakarta – Tim Siaga Bencana di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, terus meningkatkan kewaspadaan dan bersiap menghadapi terjadinya potensi bencana.

Lurah Pulau Kelapa Madi Moh Dali mengatakan, saat ini sudah ada Posko Siaga Bencana yang didirikan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Nyiur Melambai.

“Setiap hari ada tim lintas sektor yang bertugas atau piket di posko. Mulai dari personel Satpol PP, Sudin Gulkarmat, TNI/Polri, hingga warga,” ujarnya, usai memimpin apel Tim Siaga Bencana Kelurahan Pulau Kelapa dan monitoring wilayah, Ahad (14/3).

Menurutnya, untuk pencegahan dini dan mitigasi bencana di Kepulauan Seribu difokuskan pada, angin puting beliung, rob, gelombang tinggi serta curah hujan ekstrem.

“Tim ini juga menerima laporan jika terjadi genangan di lingkungan permukiman warga akibat kerusakan saluran maupun kerusakan tanggul penahan gelombang agar bisa dilakukan penanganan segera,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan monitoring wilayah tersebut juga dilakukan pengawasan terhadap kepatuhan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

“Kita ingatkan lagi warga maupun wisatawan agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas di ruang publik,” tandasnya. (hop)