MotoGP Amerika 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Jerez – Empat pabrikan MotoGP menggelar tes pribadi di Sirkuit Jerez, Spanyol, selama dua hari, 10-11 April lalu.

Tes ini dimanfaatkan dengan baik untuk menyemburkan motor masing-masing oleh test rider, termasuk pabrikan Honda juga ikut serta.

Bersama penguji mereka, Stefan Bradl, pabrikan asal Jepang itu menghabiskan dua hari yang sangat produktif di Jerez.

Salah satu yang menarik perhatian adalah rencana Honda menggunakan sasis buatan Jerman, Kalex.

Pembalap penguji Aprilia, Lorenzo Savadori, bahkan mengklaim Bradl sudah mencoba sasis Kalex yang baru.

Tapi beberapa pengamat mengatakan, mereka hanya melihat sasis original Honda di Pit Bradl.

Pembalap bernomor start #6 itu pun membenarkan bahwa dia belum mencoba sasis Kalex, bahkan belum melihat bagaimana rupanya.

Sasis Kalex disebut-sebut sebagai solusi Honda atas masalah mereka dalam beberapa musim terakhir ini, yang sangat sulit bersaing di baris depan.

“(Dia tertawa). Apa yang bisa saya katakan? Saya juga belum pernah melihat sasis Kalex,” jelas Bradl yang menyelesaikan tes Jerez lebih awal, karena harus mengejar penerbangan ke AS.

“Sasis yang saya tes berwarna perak dan aluminium. Dari segi bentuk, saya tidak melihat ada perbedaan dengan versi sebelumnya,” ungkap pembalap Jerman seperti dilansir Speedweek.com.

Apakah tes dengan Kalex akan diundur pada tes Jerez 1 Mei mendatang, karena sasis akan diuji terlebih dahulu di test stand HRC di Jepang?

“Saya tidak bisa mengatakan apa-apa tentang ini. Saya tidak punya informasi tentang ini. Namun tes MotoGP berikutnya adalah pada hari Senin setelah GP Spanyol, itu benar,” jelas Bradl.

Bradl akan tampil di MotoGP AS akhir pekan ini, menggantikan Marc Marquez yang sedang cedera metakarpal. (tra)