Sapi

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 10 ribu dosis vaksin untuk Penyakit Mulut dan Kuku (Vaksin PMK) telah tiba di Indonesia dan akan mulai didistribusikan hari Selasa (14/6) ini. Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri mengatakan vaksin tersebut sesusai dengan jenis virus PMK yang menjangkiti hewan ternak di Indonesia.

“Tentu ini hal yang sangat menggembirakan bagi kami, karena upaya yang kita siapkan berjalan sesuai jadwal. Sesuai janji kami, vaksin akan tiba di minggu kedua Juni 2022,” ujar Kuntoro dikutip dalam keterangan resminya, Selasa (14/6).

Keseluruhan vaksin dengan total 800 ribu dosis akan tiba kembali dalam tiga hari ke depan. Vaksin tersebut ke depannya akan didistribusikan sesuai dengan kebutuhan daerah sebaran penyakit yang terjadi.

Program vaksinasi akan dimulai dilakukan hari ini, Selasa (14/6) dari wilayah Jawa Timur, dan kemudian serentak di daerah lainnya. Vaksin PMK tersebut nantinya akan disuntikkan ke hewan sehat yang belum tertular virus PMK yang berada di zona merah. Kuntoro menegaskan saat ini pemerintah sangat fokus dan serius menangani PMK, dan meminta masyarakat untuk tidak panik soal ketersediaan hewan kurban menjelang Idul Adha 1443 H.

“Stok sapi kita cukup. Begitu pula kambing dan domba dalam kondisi (sehat) sangat cukup. Ikhtiar kita untuk rakyat dan peternak sangat kuat. Kami mohon dukungannya,” terang Kuntoro.

“Jadi nanti secara bertahap akan disuntikkan pada hewan ternak di sumber pembibitan ternak, sapi perah milik rakyat dan koperasi susu, serta ternak sapi potong di daerah berisiko tinggi. Kita sudah susun prioritas vaksinasi berdasarkan faktor resikonya,” tandasnya. (ant)