COVID-19

Kastara.ID, Depok – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 RW 12 Kelurahan Rangkapan Jaya mengapresiasi kinerja Tim Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Kecamatan Pancoran Mas. Apresiasi diberikan karena tim ini dinilai responsif dan tanggap ketika ada laporan terkait warga terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal saat isolasi mandiri (isoman).

Ketua RW 12 Kelurahan Rangkapan Jaya, Agus Adiyanto mengatakan, salah satu warganya meninggal saat isoman (12/7). Pihaknya kemudian berkoodinasi dengan Satgas tingkat Kelurahan dan Puskesmas, selanjutnya diarahkan menghubungi tim pemulasaraan jenazah.

“Responsnya sangat cepat. Kami hubungi pagi-pagi sekali, jam 10 sudah tiba di rumah korban dan langsung proses pemulasaraan. Kami merasa sangat terbantu sekali,” katanya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (13/7).

Dijelaskannya, proses pemulasaraan jenazah dilakukan oleh empat petugas. Mulai dari proses memandikan jenazah, pengkafanan, sampai pemakaman hanya dalam waktu kurang lebih dua jam.

“Kira-kira jam 12.00 sebelum adzan zuhur, proses pemulasaraan jenazah sudah selesai dikubur di TPU Pasir Putih. Semua proses ditangani dengan baik oleh tim,” jelas Agus.

Di tempat berbeda, Lurah Rangkapan Jaya, Kharisma Eka Putra menuturkan, beberapa wilayah yang sudah mendapat penanganan dari tim Pemulasaraan Jenazah Covid-19 di antaranya RW 01, RW 05, RW 12, RW 13, RW 16, dan RW 18. Adapun jumlah jenazah yang ditangani sebanyak 13 orang.

“Karena keterbatasan jumlah tim dan beberapa kasus juga meninggal di waktu bersamaan sehingga warga diharapkan untuk bersabar menunggu tim datang,” pungkasnya. (dha)