Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Selatan menggelar uji emisi kendaraan roda dua dan empat di Taman Mataram, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Selong, Kebayoran Baru.

Kepala Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Lingkungan Kebersihan Suku Dinas LH Jakarta Selatan, Tuti Ernawati mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mensosialisasikan kepada masyarakat jika setiap kendaraan harus uji emisi.

“Uji emisi pada setiap kendaraan sangat penting dilakukan untuk menciptakan udara bersih di Jakarta,” ujarnya, Kamis (14/7).

Ia menuturkan, uji emisi yang dimulai sejak pukul 09.30-11.00 ini disediakan gratis. Dalam kegiatan itu, pihaknya mengerahkan 30 personel dibantu kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

Hasilnya, 46 kendaraan roda empat dan roda dua telah diuji emisi dengan rincian 26 unit kendaraan roda dua dan 20 kendaraan roda empat.

“Dari jumlah itu, 11 motor dinyatakan lulus uji emisi dan empat mobil tidak lulus uji emisi,” ucapnya.

Rosmawati (33), pengemudi ojek online merasa bersyukur dengan adanya uji emisi tersebut. Melalui uji emisi, warga Ciputat Timur, Tangerang Selatan ini menjadi mengetahui asap knalpot yang dikeluarkan kendaraannya.

“Motor saya lulus uji emisi. Saya mendukung kegiatan ini agar udara Jakarta lebih bersih dari polusi,” tandasnya. (hop)