Fokus Depok

MoU Soal Penguatan Peran Promotif-Preventif Ditandatangani Dinkes Depok

Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, hari ini melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Kota Depok, Institute Of Strategic Initiatives, dan Nara Integrita. MoU yang ditandatangani tersebut dalam rangka penguatan peran promotif, preventif puskesmas di Kota Depok.

Menurut Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita, kerja sama ini dilakukan terkait promotif dan preventif bagi lansia, ibu dan anak, serta kelompok yang rentan terhadap Covid-19. Pasalnya, mereka merupakan kelompok masyarakat yang memerlukan dukungan dalam pencegahan penyakit.

“Sinergisitas dalam penguatan fungsi dan peranan puskesmas dalam promotif dan preventif perlu dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat dapat lebih optimal,” tuturnya seperti diwartakan situs resmi Pemkot Depok, Senin (15/3).

Novarita melanjutkan, selama ini puskesmas sudah melakukan berbagai upaya pencegahan penyakit di masyarakat. Dengan demikian, permasalahan kesehatan dapat teratasi dengan baik.

Di tempat yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Kota Depok, Elisa Adam mengatakan, pihaknya akan mendukung upaya Dinkes Depok. Terlebih, untuk di BPJS Kesehatan terdapat program pengelolaan penyakit kronis (prolanis) yang sesuai dengan salah satu target yaitu lansia.

“Peningkatan kualitas pelayanan primer menjadi salah satu program kami. Masuk dalam pembiayaan kapitasi untuk mendukung pelaksanaan program ini,” ungkapnya.

Sementara Direktur Eksekutif Nara Integrita, Ibrahim Z. Badoh menyatakan, penandatanganan nota kesepahaman ini nantinya dapat menjadi contoh dalam upaya dalam meningkatkan indikator kesehatan yang baik. Dengan itu, dapat juga mendorong masyarakat untuk bisa hidup sehat serta medukung program kesehatan pemerintah.

“Puskesmas diharapkan bisa memiliki fungsi promkes sebagai penguatan promotif dan preventifnya,” tandasnya. (lan)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…