Taufan Bakri

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 464 organisasi kemasyarakatan (ormas) telah resmi terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta secara.

Kepala Bakesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri mengatakan, sebanyak 464 ormas tersebut ada yang berskala nasional maupun hanya lokal saja.

“Kami secara rutin memberikan pembinaan, biasanya 12 kali dalam satu tahun. Adapun materi yang diberikan yakni seputar wawasan kebangsaan dan yang lainnya,” ujar Taufan, Jumat (15/5).

Taufan menjelaskan, Bakesbangpol juga intens menjalin komunikasi jarak jauh bersama para pengurus ratusan ormas di tengah kondisi penanganan pandemi COVID-19 di Ibukota.

“Komunikasi jarak jauh menggunakan aplikasi Zoom dan WhatsApp untuk melaporkan berbagai kegiatan bakti sosial yang telah dilakukan oleh para anggota ormas dalam membantu masyarakat ekonomi lemah di antaranya pembagian makanan siap saji, masker, danĀ hand sanitizer,” terangnya.

Ia menambahkan, Bakesbangol DKI Jakarta mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan para anggota ormas untuk membantu Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan dampak kesehatan, ekonomi, dan sosial akibat pandemi COVID-19.

“Peran serta ormas sangat membantu. Selain memberikan bantuan secara langsung mereka juga ikut menyosialisasikan pentingnya mengikuti aturanĀ physical distancing, memakai masker, dan cuci tangan memakai sabun agar tidak tertular COVID-19,” tandasnya. (hop)