Headline

Himbara: Transaksi di ATM Link Gratis

Kastara.ID, Jakarta – Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) secara resmi membatalkan rencana pengenaan biaya transaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Link. Hal itu disampaikan Ketua Himbara, Sunarso, saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR (14/6).

Dalam pernyataannya, Sunarso mengatakan, empat bank anggota Himbara yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN sepakat tidak memungut biaya transaksi ATM. Sunarso menambahkan, empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu memutuskan tidak lagi menunda, melainkan membatalkan rencana biaya transaksi ATM Link.

Sunarso yang juga Direktur Utama (Dirut) BRI ini menjelaskan, selama ini semua bank memungut biaya transaksi yang dilakukan lewat ATM secara off us. Artinya jika transaksi dilakukan menggunakan kartu debit di mesin ATM bank lain akan dikenakan biaya. Namun keputusan itu sudah dibatalkan.

Sehingga sekarang, misalnya, transaksi menggunakan kartu debit BRI di mesin ATM Bank Mandiri tidak dipungut biaya. Begitu juga dengan bank milik negara yang lain.

Himbara menurut Sunarso ingin mengedukasi nasabah agar beralih ke mobile banking. Semula rencana itu akan dilakukan dengan mengenakan biaya saat transaksi ATM. Namun lantaran menimbulkan polemik, rencana itu dibatalkan. Menurut Sunarso polemik yang terjadi ternyata lebih besar dibanding manfaat yang diperoleh.

Sebelumnya, Himbara berencana menarik biaya untuk transaksi ATM Link. Aturan yang rencananya dimulai pada 1 Juni 2021 itu menetapkan untuk cek saldo, nasabah harus membayar biaya Rp 2.500, tarik tunai kena biaya sebesar Rp 5.000, dan transfer biayanya Rp 4.000. (mar)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…