Internet

Kastara.ID, Depok – Anak-anak warga RW 01, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, mendapatkan fasilitas internet gratis dari Pemerintah Kota (Pemda) Depok untuk belajar di rumah untuk. Bantuan tersebut guna memudahkan anak-anak dalam mengikuti proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara dalam jaringan (daring).

Lurah Mekarjaya Zainal Arifin mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan perusahaan swasta yakni The Connect dalam pemenuhan fasilitas wifi gratis tersebut. Fasilitas baru ini ditujukan untuk membantu anak-anak RW 01 yang terdampak ekonominya akibat pandemi Covid-19.

“Anak-anak dapat menggunakan wifi gratis hanya di Balai RW 01 untuk memudahkan mereka belajar menggunakan online. Waktunya dibatasi dari pukul 07.00-13.00 WIB secara bergantian,” ujar Arifin (14/8).

Ditambahkan Lurah, jaringan internet memang telah tersedia di kantor kelurahan namun belum dapat menjangkau seluruh wilayah. Berkat dukungan dari ketua lingkungan dan stakeholder di wilayahnya, sehingga dapat terwujud fasilitas wifi gratis tersebut.

“Semoga bisa bermanfaat bagi anak yang membutuhkan fasilitas ini agar tidak ketinggalan pelajaran,” imbuhya.

Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida mengapresiasi dukungan yang diberikan pihak kelurahan dan kecamatan dalam memenuhi kebutuhan warganya dalam hal pendidikan karena di masa pandemi Covid-19 sarana belajar mengajar berbasis online.

“Fasilitas wifi gratis merupakan solusi terbaik bagi masyarakat yang tidak mampu untuk membeli kuota internet. Mudah-mudahan wilayah lain dapat mengikuti langkah sigap yang diambil oleh Kelurahan Mekarjaya,” ujar Elly.

Elly berharap akan ada penambahan di wilayah lain. Karena dengan adanya internet gratis bisa manambah minat  belajar bagi anak-anak lebih giat lagi dan bisa berkumpul dengan temannya, sehingga tidak jenuh mereka di rumah untuk belajar. (*)