Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta bersama Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumen Sastra (PDS) HB Jassin, menggelar Seminar Nasional Sastra bertajuk “Koleksi HB Jassin: Sejarah, Khazanah, dan Internasionalisasi Sastra Etnik Nusantara”, Kamis (14/9) kemarin.

Kegiatan berlangsung di Aula PDS HB Jassin, Gedung Ali Sadikin, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat.

Kepala Dispusip DKI Jakarta, Firmansyah Wahid mengatakan, banyak narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini. Di antaranya sejarawan sastra Kasijanto Sastrodinomo, Direktur Layanan dan Pemanfaatan ANRI Eli Ruliawati, akademisi dan sastrawan Maman S. Mahayana dan Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Imam Budi Utomo.

“Seminar ini menjadi wadah penting untuk memahami dan menghargai khazanah sastra Indonesia yang berharga. Serta upaya untuk mengangkatnya ke tingkat internasional,” katanya, Jumat (15/9).

Dilanjutkan Firman, kegiatan Seminar Nasional tersebut diikuti peserta dari banyak kalangan. Di antaranya mahasiswa dari Fakultas Ilmu Budaya dan Bahasa Universitas Indonesia (UI), komunitas sastra, seniman, dan para penyair dari Ibukota.

Secara teknis, seminar ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, seminar nasional sastra ini membahas mengenai “Khazanah Koleksi PDS HB Jassin sebagai MKB Tinjauan Sejarah”, serta koleksi dan lintasan sejarah PDS HB Jassin.

Selanjutnya, dalam sesi kedua, Seminar Nasional sastra ini lebih mendalam membahas tentang “Internasionalisasi Sastra dan Lintasan Sejarahnya”, serta periodisasi sastra Indonesia dan sejarahnya.

“Kami berharap kegiatan dapat memberikan inspirasi yang berkelanjutan dalam dunia sastra dan kebudayaan di Indonesia,” tandasnya. (hop)