Jorge Lorenzo(motogp.com)

Kastara.ID, Jakarta – Pembalap asal Mallorca, Spanyol, Jorge Lorenzo resmi memutuskan pensiun dari MotoGP di akhir musim 2019 ini. Dengan begitu seri balap Valencia akhir pekan ini akan menjadi balapan terkahir dalam karir GP Lorenzo.

Lorenzo mengadakan konferensi pers tersendiri di Valencia, Kamis (14/11), yang dihadiri langsung oleh CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta. “Ini adalah balapan terakhir saya,” kata Lorenzo terkait seri Valencia yang dihelat akhir pekan ini, seperti cuitan David Emmett.

Sementara media olahraga balap asal Inggris, Crash menyampaikan lewat Twitter bahwa jelas Lorenzo mengonfirmasi bahwa ia akan pensiun dari MotoGP setelah final Valencia akhir pekan ini.

Jorge Lorenzo
(motogp.com)

Lorenzo menjalani debut di Repsol Honda pada 2019 ini, namun sayangnya adaptasi kurang mulus yang diperparah oleh cedera retak tulang belakang, telah menempatkan Lorenzo dalam hari-hari tersulit sepanjang karir balapnya.

Hingga jelang seri terakhir, Lorenzo baru meraih 25 poin di posisi ke-19 di papan klasemen sementara, sekaligus hasil paling buruk selama karirnya di MotoGP.

Sejak bergabung di Repsol Honda tahun ini, Lorenzo tak pernah naik podium dan menang, bahkan ia belum sempat masuk sepuluh besar. Juga belum ada konfirmasi yang menjadi pengganti Lorenzo di musim 2020.

Lorenzo sendiri sebenarnya mendapat kontrak dua tahun di HRC, mulai 2019 hingga akhir 2020. (dwi)