Mosul

Kastara.ID, Jakarta – Di sela menyelesaikan proses pasca produksi Avengers: Endgame dan menyutradarai film mereka Cherry, Russo bersaudara menemukan waktu untuk memproduseri sebuah film trailer aksi-timur-tengah yang berjudul Mosul. Dan kini mereka telah mengungkap trailer film yang akan dirilis oleh Netflix pada tanggal 26 November tersebut.

Film gaya dokumenter ini didasarkan pada artikel New Yorker berjudul, “The Avengers of Mosul,” dan dalam film ini Russo bersaudara berusaha menyajikan dan berjuang untuk keaslian dalam segala hal: lokasi, pemeran, bahkan bahasa.

Mosul adalah kisah nyata tentang tim elit SWAT Irak yang terdiri dari warga Irak yang menghadapi kehilangan atau trauma di tangan ISIS. Kisah emosional ini mengikuti tim tersebut saat mereka melawan kelompok teroris itu untuk mengakhiri serangan dan penindasan rumah mereka. Film ini berusaha untuk memberikan pandangan mendalam ke pengejaran tanpa henti mereka dan perjuangan mengerikan yang mereka lalui dan kisah pilu kehilangan orang-orang yang mereka cintai.

Film ini diproduseri oleh Joe dan Anthony Russo melalui perusahaan produksi mereka, AGBO. Diawali dengan kegiatan mereka sebagai “pecandu berita” yang terus-menerus membaca berita untuk membantu menginformasikan pekerjaan mereka di banyak film Marvel. Mereka pertama kali menemukan artikel ketika Stephen McFeely membawanya ke perhatian mereka pada tahun 2017, dan Joe menyebutnya “bagian terbaik dari jurnalisme yang pernah mereka baca,” mengatakan ia menangis di akhir artikel itu. Anthony berkomitmen untuk membawa kisah nyata ini kepada audiens Amerika.

 

Namun, jadwal sibuk mereka dalam mengarahkan film-film Avengers memaksa mereka untuk duduk di belakang meja, sehingga duo ini menggunakan jasa Matthew Michael Carnahan untuk menulis naskah dan mengarahkan film ini. Hal pertama yang mereka putuskan adalah keaslian. Carnahan mengusulkan film itu diambil sepenuhnya dalam dialek yang digunakan di wilayah itu di Irak.

Mosul dibintangi oleh para aktor timur tengah seperti Suhail Dabbach, Adam Bessa, Is’Haq Elias, Qutaiba F. Abdelhaq, Ahmad El Ghanem, Hicham Ouraqa, dan Mohimen Mahbuba. (cinemags/nad)