Kaatara.ID, Tavullia — Pembalap yang baru bergabung dengan Repsol Honda, Luca Marini, berhasil memenangkan balapan perdana dengan menggunakan motor pabrikan Honda.

Tapi ini tidak terjadi di kompetisi MotoGP, melainkan balapan flat track, balapan tahunan yang digelar di Tavullia.

Marini memenangkan balapan ‘Americana’ dengan menggunakan Honda CRF450 pada Jumat (12/1) lalu dalam balapan La 100 km dei Campioni.

Seperti dilaporkan Speedweek, tahun 2024 ini untuk kesembilan kalinya, Valentino Rossi mengundang orang-orang ke Race of Champions 100 km, yang tahun ini juga memiliki sponsor utama terkemuka, pasar online eBay, untuk pertama kalinya.

Seperti biasa, daftar peserta adalah kelas atas; selain anak didik VR46, Pedro Acosta, Augusto Fernandez, dan Danilo Petrucci termasuk di antara para tamu.

Latihan telah berlangsung sejak Kamis, dan kompetisi pertama pada Jumat malam dengan lomba eliminasi ‘Americana’.

Kemenangan jatuh ke tangan pembalap Italia, Luca Marini yang sebagai pembalap baru Repsol Honda kini juga berada di kandang saudaranya dengan mengendarai Honda CRF450.

Di final, Marini menang melawan rookie Moto2 asal Brasil, Diogo Moreira, tuan rumah, Rossi dan pembalap JuniorGP, Elia Bartolini.

“Juara dunia MotoGP Pecco Bagnaia absen pada hari Jumat karena sibuk di acara lain di waktu yang sama, namun dia akan terlibat lagi pada hari Sabtu. Kemudian puncaknya adalah balapan berpasangan sepanjang 100 km,” jelas informasi yang dilansir Speedweek.com.

Balapan utama yang berpasangan 100km juga akhirnya dimenangkan oleh pasangan Marini-Rossi.

Duo bersaudara ini memenangkan balapan 50 lap dalam waktu 1:45’54 yang berlangsung di Ranch Tavullia. (tra)