Jakarta Pusat

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama jajaran Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN), Senin (15/3), menggelar sinkronisasi pembebasan lahan proyek pembangunan jalan Tol Semanan-Sunter.

Menurut Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma, sinkronisasi dilakukan untuk mendukung pembangunan nasional sekaligus menyelaraskan kebijakan dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat, guna meminimalisir dampak yang terjadi di kemudian hari.

“Kami harapkan, sinkronisasi ini dapat menyelaraskan kebijakan dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat,” ujar Dhany.

Ia mengungkapkan, pembangunan ruas jalan Tol Semanan-Sunter di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat akan melintasi sejumlah pemukiman warga di Kelurahan Kebon Kosong, Serdang, dan Duri Pulo.

“Pembangunan fisik dimulai dari wilayah Kemayoran pada 2022 mendatang. Sosialisasi kepada warga digelar setelah perubahan trase ditetapkan,” tutur Dhany.

Dhany menambahkan, di wilayah Kemayoran ada aset milik Pemprov DKI yang terdampak pembangunan tol ini. Aset tersebut berupa dua gedung sekolah, panti sosial dan tempat pembuangan sampah.

Untuk gedung sekolah, lanjut Dhany, pihaknya akan mengupayakan mencari lahan pengganti kedua gedung sekolah tidak jauh dari lokasi yang terkena proyek.

“Kami bersama Kementerian PUPR telah sepakat bahwa lahan dan bangunan dua sekolah dan panti akan direlokasi setelah penggantinya sudah siap,” ucapnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Ruas Semanan-Sunter, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hartono menambahkan, pembangunan jalan tol ini ditargetkan rampung selama 32 bulan.

“Lahan warga yang terkena proyek diganti sesuai penetapan harga apprasial, bukan NJOP,” katanya.

Ia menambahkan, pembongkaran gedung aset milik Pempov DKI berupa dua gedung sekolah dan panti sosial dilaksanakan setelah lahan dan bangunan pengganti yang baru berdiri.

“Aktivitas belajar mengajar di dua sekolah dan kegiatan panti sosial di Kebon Kosong tetap berjalan selama proyek pembangunan jalan tol berjalan hingga ada pengganti,” tandasnya. (hop)