PT Jakarta Propertindo (Perseroda)

Kastara.ID, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan industri olahraga di Indonesia.

Hari ini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bersama Jakpro kembali menyelenggarakan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) dan dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama bersama Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK). Komitmen ini merupakan tindak lanjut dari tujuan memasyarakatkan kegiatan olahraga serta mendorong pertumbuhan industri terkait di dalamnya, seperti tertuang dalam MoU yang ditandatangani oleh perwakilan KONI Pusat dan Jakpro pada Desember tahun lalu.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berkesempatan hadir dalam acara penandatanganan ini. Turut hadir pula, Staff Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Kemenpora Mahfudin Nigara, Ketua Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta H Iman Satria, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Achmad Firdaus, serta Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur Hendra Hidayat.

Perlu diketahui, MoU mengenai optimalisasi kegiatan keolahragaan dan pemanfaatan aset khususnya yang dikelola oleh Jakpro akan membuka peluang besar untuk mencetak angka pertumbuhan atlet baru maupun meningkatkan prestasi atlet yang ada saat ini. Dengan banyaknya dukungan dan peran aktif berbagai pihak, diharapkan perkembangan industri olahraga pun turut meningkat, terlepas dari kondisi pandemi yang saat ini masih melanda.

Wagub Ariza yang hadir menyaksikan MoU dan PKS antara Jakpro, KONI Pusat dan LPDUK, mengatakan, mendukung upaya kolaborasi positif dalam rangka meningkatkan potensi dan prestasi olahraga. Fasilitas sarana dan prasarana olahraga yang ada di DKI Jakarta, beberapa di antaranya yang dikelola oleh Jakpro, dapat dimanfaatkan lebih optimal lagi ke depannya, dengan memperhatikan ketentuan protokol Kesehatan.

“Harapannya juga momen ini menjunjung tinggi semangat olahraga dan kebersamaan dalam rangka meningkatkan bakat dan prestasi baik dalam skala nasional maupun internasional. Kita bangga bisa menghadirkan tempat sebaik ini. Kami dukung kolaborasi positif untuk memajukan olahraga ini,” ujarnya seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta (15/3).

Di sisi lain, Jakpro juga turut menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait Penyelenggaraan Kejuaraan Futsal Nasional Piala KONI 2021, yang rencananya akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

“Hadirnya kompetisi olahraga di masa pandemi adalah terobosan yang penting. Kegiatan olahraga dapat kita lakukan selama menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.

Kejuaraan ini diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua dan menjadi ajang pemanasan Pra PON 2021. Selain itu, kompetisi ini juga dilaksanakan untuk mendukung dan memperhatikan kesejahteraan para atlet, pelatih, klub, maupun pihak lainnya yang terlibat seperti apparel yakni penyedia peralatan serta perlengkapan venue dan industri pendukung lainnya. Dengan menggeliatnya kembali kompetisi olahraga di Indonesia, tentunya akan berdampak kepada meningkatnya aktivitas ekonomi dan bisnis.

Di sisi lain, Jakpro dipercaya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengelola venue berstandar internasional, seperti Jakarta International Velodrome (JIV) dan Jakarta International Equestrian Park. Kedua ikon sarana olahraga ini juga digunakan pada Asian Games dan Asian Para Games pada tahun 2018 yang lalu.

“Infield area (Velodrome) yang saat ini kita gunakan, dapat dimanfaatkan sebagai lokasi penyelenggaraan kompetisi Kejuaraan Futsal Nasional Piala KONI 2021 yang akan diadakan dalam waktu dekat ini. Dan kita juga berharap Jakarta International Velodrome dapat berfungsi sebagai multi-function arena untuk beragam kegiatan olahraga dan hiburan,” imbuh Direktur Operasional Jakpro, Muhammad Taufiqurrachman.

Dengan adanya peningkatan pengembangan industri olahraga melalui optimalisasi aset-aset berstandar internasional milik Jakpro, maka tujuan untuk memasyarakatkan gaya hidup sehat melalui medium olahraga serta mencetak altet berprestasi dan berbakat diharapkan dapat berjalan secara konsisten. Sehingga memberikan inspirasi bagi seluruh pihak yang terlibat untuk terus memberikan dukungan dan upaya terbaiknya agar dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi perkembangan industri olahraga baik di Ibu Kota maupun di Indonesia. (hop)