Kastara.ID, Depok – Sebanyak 15 Satuan Tugas (Satgas) Pohon dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok diterjunkan untuk menangani pohon tumbang di beberapa titik. Kejadian tersebut disebabkan angin kencang disertai hujan yang terjadi siang kemarin, sekitar pukul 14.00 WIB.

“Kejadian kira-kira pukul 14.00 WIB, kami terjunkan Satgas dengan jumlah 15 personel dan dibagi dalam tiga tim, untuk melakukan penanganan. Sementara ada tujuh titik lokasi pohon tumbang berdasarkan laporan masuk,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Indra Kusuma, seperti diwartakan situs resmi Pemkot Depok, Senin (16/5).

Dikatakannya, lokasi yang dimaksud antara lain Jalan Pramuka Kali Licin, Jalan Pramuka depan Kodim 0508/Depok, Jalan Pramuka Mampang Hills, Jalan Sawangan Ketapang, Jalan Sawangan Parung Bingung, Jalan Raya Karet Pengasinan, dan Jalan Rawa Denok Gang H. Kimah.

“Adapun jenis pohon tumbang meliputi pohon angsana, pohon rambutan, pohon mangga dan pohon jati. Pohon ini tidak masuk dalam daftar pohon rawan tumbang. Jadi, kejadian ini murni faktor alam,” terangnya.

Indra menjelaskan, dalam melakukan penanganan pohon tumbang, pihaknya dibantu dengan Satgas Taman yang juga turun ke lokasi. Adapun armada yang dikerahkan yaitu mobil dump truck dan hydraulic.

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa. Namun menurut laporan, terdapat kerugian berupa kerusakan kabel, kerusakan asbes warga yang disebabkan pohon tumbang milik pribadi serta kerusakan sejumlah kendaraan. Kami mengimbau masyarakat untuk tidak berteduh di bawah pohon rindang saat hujan dan selalu waspada,” pungkasnya. (dha)