Rapid test

Kastara.ID, Papua – Untuk memastikan kesehatan personelnya menjelang purna tugas sebagai satuan pengamanan perbatasan RI-PNG, Satgas Yonif R 300/Bjw menggelar rapid test di Pos Kotis yang berada di Kampung Wonorejo Pir-IV, Distrik Mannem, Papua.

Hal tersebut yang disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 300/Bjw Letkol Inf Ary Sutrisno dalam rilisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (15/7).

Dikatakannya, gelar rapid test yang berkerja sama dengan Kesdam XVII/Cenderawasih itu, diikuti seluruh personel Satgas Yonif R 300/Bjw, bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan personelnya menjelang purna tugas sebagai Satgas Pamtas RI-PNG.

“Rapid test penting dilakukan untuk memastikan seluruh personel kita terbebas dari Covid-19. Apalagi hingga saat ini, kita masih melaksanakan tugas pengamanan di perbatasan ini,” kata Ary.

“Selain itu, juga sebagai upaya untuk mencegah dan menekan penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam pelaksanaan rapid test itu, seluruh personel wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku yaitu wajib menggunakan masker, melakukan physical distancing saat menunggu diperiksa, dan mencuci tangan dengan sabun yang telah disiapkan.

“Juga mengikuti arahan dari petugas kesehatan, sehingga pelaksanaan rapid test ini dapat berjalan dengan tertib, lancar, dan aman,” ujar Ary.

Sementara Mayor Ckm Nur Akli dari Kesdam XVII/Cenderawasih yang memimpin pelaksanaan rapid test tersebut, menyampaikan pemeriksaan ini merupakan rapid test pertama dan hasilnya akan segera disampaikan.

“Apabila hasilnya reaktif positif Covid-19, akan dilakukan tindakan lebih lanjut,” jelasnya.

“Semoga hasilnya nanti semua negatif, sehingga seluruh personel Satgas ini bebas Covid-19 dan dapat melanjutkan penugasaan sampai purna tugasnya serta kembali ke tempat satuan asalnya dengan kondisi aman dan sehat,” harap dan pungkasnya. (wepe)