Ratujaya

Kastara.ID, Depok – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok optimistis, RW 07 Kelurahan Ratujaya dan RW 10 Kelurahan Baktijaya lolos verifikasi lapangan dalam Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2021. Pasalnya, kedua wilayah tersebut telah melakukan persiapan matang sebelum diverifikasi secara virtual.

“Sebelum tim verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan penilaian, kami sudah mempersiapkan seluruh komponen yang menjadi persyaratan. Jadi, kami optimistis, bisa lolos verifikasi dan maju ke tingkat nasional,” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati, sebagaimana dilansir laman resmi Pemkot Depok, Jumat (16/7).

Dikatakannya, terdapat sejumlah komponen yang menjadi syarat dibentuknya Proklim. Antara lain aksi adaptasi dan mitigasi, serta kelembagaan yang telah dilakukan secara maksimal di lokasi tersebut.

“Aksi adaptasi dan mitigasi misalnya, penampungan air hujan, biopori, sumur resapan, saluran pembuangan akhir, kegiatan Reuse Reduce Recycle (3R) serta pemanfaatan pekarangan. Kelembagaan, seperti pembentukan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan keterlibatan seluruh masyarakat,” terangnya.

Senada dengan itu, Ketua RW 07 Kelurahan Ratujaya, Sanusi mengatakan, keguyuban masyarakat di wilayahnya sudah lama terbentuk, sebelumnya adanya Proklim. Untuk itu, pihaknya yakin mampu melampaui tahap verifikasi lapangan.

“Dengan modal ini, kami yakin bisa lolos verifikasi, karena selain kompak, kami juga kaya akan pengetahuan tentang Proklim. Mudah-mudahan kami bisa mengharumkan nama Kota Depok di tingkat nasional, jika terpilih nanti,” ucapnya. (dha)