Kastara.Id,Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Depok yang akan bertugas pada 17 Agustus 2023 memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Pengukuhan berarti sudah bukan Capaska (Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) lagi, tetapi sudah menjadi Paskibraka yang akan bertugas pada hari Kamis (17 Agustus 2023),” kata  Idris, sapaan Wali Kota Depok, usai pengukuhan Paskibraka Kota Depok, di Balai Kota Depok, Selasa (15/8).

Dikatakannya, Pasukan Paskibraka diiharapkan mampu melaksanakan tugas negara dengan baik saat Upacara HUT ke-78 RI pada 17 Agustus besok di Lapangan Balai Kota Depok.

“Mudah mudahan pada saat bertugas dapat berkonsentrasi penuh, sehingga menjalankan tugas dengan baik,” ujar  Idris.

Dia meminta para anggota Paskibraka menjadikan momentum ini untuk meningkatkan disiplin, dan rasa cinta tanah air, sehingga menjadi generasi muda yang bisa menjadi teladan.

“Substansinya bukan hanya kebanggaan menjadi Paskibraka, tetapi bagaimana mereka akan menjadi teladan putra putri Indonesia dalam berbagai hal kedisiplinan, kepatuhan, kerapian, dan hal lain yang sangat berguna bagi generasi yang akan datang,” katanya.

“Itu substansi dari kedisiplinan selama diklat (pendidikan dan pelatihan) beberapa bulan, sehingga mereka dikukuhkan pada hari ini,” ujarnya.

Idris menyampaikan pesan bagi Paskibraka Kota Depok untuk menjunjung sumpah dan janji suci sebagai pasukan pengibar bendera Merah Putih saat upacara dalam upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tingkat Kota Depok.

“Jadilah teladan bagi anak-anak dan bangsa Indonesia,” pesan Idris
“Orang tua pastinya sangat terharu dan bangga melihat putra putrinya dikukuhkan menjadi Paskibraka,” tutupnya.

Ditempat yang sama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok, Tengku Muhammad Yusuf Syahputra mengatakan, “Mereka adalah yang terbaik, mereka berhasil melewati semua prosesnya dan hari ini dikukuhkan sebagai paskibraka,” katanya usai menghadiri pengukuhan Paskibraka Kota Depok di Aula Teratai Gedung Balai Kota Depok.

Menurutnya, momentum ini membawa kebanggaan tersendiri bagi para Paskibraka. Bahwa menjadi paskibraka merupakan bentuk prestasi diri untuk membahagiakan dan membanggakan orang tua.

“Pesan saya tetap menjaga kedisiplinan karna telah dilatih selama beberapa bulan dan juga jaga kekompakan dan solidaritas diantara paskibraka,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, sebelumnya para Paskibraka juga telah melakukan audiensi dengan DPRD. Dirinya pun terus mendorong agar kedepan paskibraka dapat terus mengejar prestasi.