Headline

BNPB Kewalahan Padamkan Api di 3.000 Lebih Titik Api

Kastara.ID, Pekanbaru – Kabut asap semakin parah di Pekanbaru, Riau dan Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengaku kewalahan lantaran peralatan yang dimiliki tak cukup memadai memadamkan api dengan cepat.

Sementara warga sudah dua minggu tidak berani membuka jendela rumah dan banyak kegiatan yang terpaksa ditunda karena kondisi asap. Jarak pandang saat ini hanya 200 meter dan parahnya, udara mulai menguning tanda sudah sangat buruk. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Palangkaraya merujuk data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tertanggal 15 September pukul 15.00 WITA, termasuk kriteria berbahaya.

Berdasarkan keterangan dari BNPB disebutkan bahwa sejak Januari hingga Agustus 2019 luas lahan yang terbakar mencapai 328.724 hektar.

Untuk memadamkan kebakaran itu, Kepolisian telah mengirim 5.000 personel. Sementara BNPB mengerahkan 32 helikopter water bombing dan 10 helikopter patroli. Meski, menurut Juru bicara BNPB Agus Wibowo, masih kurang untuk memadamkan titik api yang mencapai lebih dari 3.000 titik.

Namun demikian, pemerintah belum meminta bantuan dari negara lain. Juru bicara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Jati Witjaksono mengatakan, pemerintah menjaga harkat dan martabat negara. (rya)

Leave a Comment

Recent Posts

Bisa Menambah Koleksi Buku Untuk Pengunjung Perpustakaan Umum

kastara.Id,Depok -  Dinas Pendidikan (Disdik) menyerahkan ratusan buku, karya satuan pendidikan dari mulai Taman Kanak-Kanak…

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…