Kastara.ID, Mandalika — Perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang minyak dan gas, Pertamina Lubricants, bakal menjadi sponsor utama tim papan atas MotoGP mulai 2024.

Tim milik Valentino Rossi, VR46 Racing, mulai musim depan akan berubah nama menjadi Pertamina Enduro VR46 Racing Team, dengan perjanjian kerja sama selama tiga musim.

Artinya, Pertamina Lubricants akan menjadi sponsor VR46 sampai musim 2026 mendatang.

Tim ini masih diperkuat oleh dua pembalap Italia, Luca Marini dan Marco Bezzecchi.

Keduanya akan mengendarai Ducati satelit dengan mesin Desmosedici versi 2023, sama seperti jatah mesin untuk tim Gresini Racing.

Ducati total memasok delapan motor untuk empat tim, dengan pembagian empat motor pabrikan (GP24) dan empat motor satelit (GP23).

Walaupun berbeda, tapi motor Ducati merupakan paket balap paling kompetitif di grid dan sudah dibuktikan oleh Enea Bastianini musim lalu dan Bezzecchi tahun ini. Mereka dapat berjuang untuk gelar dan konsisten di baris depan.

“Menyambut Pertamina Lubricants, yang selama tiga musim ke depan akan menjadi mitra utama Tim VR46, menandai sejarah tim kami dengan cara yang sangat penting, bagian penting dan langkah maju lebih lanjut dalam mencapai tujuan kami,” ungkap direktur tim VR46, Alessio Salucci seperti dilansit Crash.net.

“Kami benar-benar merasa terhormat telah menandatangani perjanjian dengan merek semacam ini di dunia motorsport. Dengan sinergi baru ini, kami tidak hanya memiliki ambisi yang sama, tapi kami menggabungkan dua basis penggemar terbesar dan paling setia di MotoGP, menjembatani antara fans Italia dan semua yang mengikuti kami dari Indonesia dan kepada siapa kami berharap dapat memberikan kepuasan penting di masa depan.

Proyek jangka panjang antara dua perusahaan yang sangat berpengalaman di dunia sepeda motor dan kompetisi, seperti VR46 Racing Team dan Pertamina Lubricants, bertujuan untuk menghadirkan semangat sejati terhadap olahraga ini dari sudut pandang unik kepada ratusan ribu penggemarnya di seluruh dunia.

Pada tahun 2024, era baru dalam sejarah kami di MotoGP dimulai, sebuah petualangan penuh kesuksesan, yang dimulai hanya dua tahun lalu, dan yang tidak akan mungkin terjadi tanpa dukungan dan partisipasi dari mitra seperti Mooney yang ingin saya ucapkan terima kasih secara pribadi untuk saling percaya dan menghormati,” bunyi pernyataan resmi tentang kesepakatan ini.

Nama tim Rossi mulai tahun depan otomatis akan berganti menjadi ‘Pertamina Enduro VR46 Racing Team’. (tra)