Apel Siaga Darurat Bencana

Kastara.ID, Depok – Sebagai upaya antisipasi potensi bencana di musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar Apel Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi yang melibatkan seluruh unsur terkait, antara lain Polres Metro Depok, Kodim 0508/Depok, Perangkat Daerah (PD) dan relawan masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Depok, Mohammad Idris memimpin Apel Siaga Darurat Bencana yang digelar di Lapangan Balai Kota Depok, Senin (15/11).

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, setiap bencana memiliki karakteristik yang unik dan dinamis, artinya tidak ada bencana yang sama dampak dan penanganannya. Maka dari itu beberapa bencana tidak bisa ditangani secara rutin karena dipengaruhi oleh perilaku manusia.

“Jadi penanganan awal bencana sebenarnya ada di tangan masyarakat,” katanya usai memimpin apel tersebut seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok.

Dijelaskannya, dalam upaya melakukan penanggulangan bencana perlu dilakukan beberapa hal. Di antaranya melakukan pembangunan sistem pelayanan informasi rawan bencana.

“Itu diperlukan karena merupakan pelayanan informatif tentang bagian wilayah rawan bencana, difokuskan bagi masyarakat yang berpotensi pertama kali terpapar bencana,” katanya.

Selanjutnya, ujar dia, memberikan pembinaan terhadap kelurahan tangguh bencana agar dapat melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana. Lalu, meningkatkan peran serta masyarakat khususnya kelompok rentang dalam pengelolaan kesumberdayaan dalam mengurangi risiko bencana.

“Terakhir, meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dan pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan risiko bencana,” jelasnya.

Idris berharap kegiatan mengantisipasi kebencanaan terus dikembangkan agar dapat menyentuh pola dan inovasi baru. Selain juga butuh sinergisitas pihak yang terlibat agar masyarakat dapat merasakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah.

“Hal ini agar keberadaan kita semua dapat dirasakan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat,” tutupnya. (dha)