Adminduk

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Budi Awaludin memantau langsung layanan jemput bola sekaligus menyerahkan secara simbolis administrasi kependudukan (adminduk) di RW 13, Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan  Duren Sawit, Jakarta Timur.

Budi mengatakan, melalui layanan yang diberikan Suku Dinas Dukcapil Jakarta Timur hari ini hingga pukul 12.20 WIB ada 780 Kartu Keluarga (KK) dicetak dan didistribusikan, perekaman e-KTP tujuh, cetak maupun distribusi Kartu Identitas Anak (KIA) ada 83, 30 layanan Akta Kelahiran, 12 Akta Kematian, layanan konsultasi 11 orang, dan cetak e-KTP ada 12.

“Administrasi kependudukan ini banyak terkait dengan kebutuhan lain seperti KIA yang diperlukan untuk dokumen pendukung masuk sekolah, membuat rekening bank, Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) maupun BPJS, serta Kartu Jakarta Pintar (KJP),” ujarnya, di lokasi kegiatan, Selasa (16/11).

Budi menyampaikan terima kasih kepada warga Kelurahan Malaka Jaya yang sangat antusias serta bekerja sama dengan ikhlas membantu aparatur tingkat kelurahan dalam memberikan layanan adminduk dengan baik. Sehingga ke depan masyarakat dalam mengurus BPJS, NPWP, bantuan sosial hingga perizinan tidak terkendala oleh permasalahan NIK dan KK yang belum dimutakhirkan.

“Layanan jemput bola selain memberi kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk layanan kependudukan, melalui kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk memantau langsung permasalahan-permasalahan layanan adminduk pada akar rumput tingkat kelurahan,” terangnya.

Ia berpesan, jika masyarakat merasa dipersulit atau mendapati adanya praktik pungutan liar (pungli) dapat segera melapor.

“Kami tidak segan memberikan tindakan tegas bagi petugas yang masih memakai cara lama seperti itu. Kami ingin seluruh jajaran memiliki komitmen dalam memberikan layanan yang mudah, ramah dan inovatif,” ungkapnya.

Sementara Ketua RW 13, Kelurahan Malaka Jaya, Arif Kurniawan menyampaikan apresiasi dan terima kasih dengan adanya layanan jemput bola adminduk tersebut.

“Alhamdulillah, warga RW 13 sangat antusias sehingga saat ini di RW 13 telah mencapai  90 persen untuk anak yang mendapatkan KIA. Layanan ini sangat membantu masyarakat, semoga juga bisa menjangkau wilayah-wilayah lain,” tandasnya. (hop)