Dante Saksono

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah mengonfirmasi kepastian varian Omicron sudah masuk Indonesia. Pengumumannya disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Kamis (16/12). Kepastian tersebut diperoleh setelah tiga pekerja kebersihan di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, melakukan tes Genome Sequencing. Hasilnya seorang pekerja kebersihan dinyatakan positif terpapar Covid-19 varian Omicron.

Namun pemerintah meminta masyarakat tidak panik apalagi takut berlebihan. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono dalam keterangannya meminta masyarakat tetap tenang sembari tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Saat memberikan keterangan terpisah, Kamis (16/12), Dante mengimbau masyarakat cukup mengikuti seluruh anjuran yang disampaikan pemerintah, melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dante mengatakan, sejumlah langkah perlu dilakukan untuk mencegah virus corona atau Covid-19 varian Omicron semakin menyebar luas. Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini menyebut langkah serupa juga pernah dilakukan saat Covid-19 varian Delta masih Indonesia pada Juli 2021 lalu.

Dante berharap upaya yang dilakukan seluruh masyarakat bisa membuat varian Omicron bisa terisolasi dengan baik. Sehingga varian yang diperkirakan berasal dari Afrika Selatan itu tidak menyebabkan peningkatkan kasus yang pernah terjadi pada varian Delta. “Mudah-mudahan dengan upaya dari masyarakat secara keseluruhan ini akan menjadi terisolasi dengan baik, dan tidak menyebabkan peningkatan kasus yang sama seperti ketika terjadi akselerasi peningkatan kasus delta sebelumnya,” ujar Dante.

Seperti diberitakan, Kementerian Kesehatan mengumumkan Covid-19 varian Omicron sudah masuk Indonesia. Hal ini setelah seorang petugas kebersihan Wisma Atlet, Jakarta, diketahui positif terpapar varian Omicron. Kemenkes dikabarkan sudah mengambil langkah-langkah guna mencegah varian Omicron menyebar semakin meluas. (ant)