Stimulus

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi virus corona atau Covid-19 varian Omicron sudah masuk Indonesia. Kepastian tersebut setelah satu pekerja kebersihan di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, dipastikan terpapar Covid-19 varian Omicron.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya, Kamis (16/12) mengatakan, tiga petugas kebersihan Wisma Atlet melakukan tes Genome Sequencing. Hasilnya satu orang dinyatakan positif.

Budi menuturkan, tes dengan mengambil sampel dilakukan pada Rabu (8/12). Selanjutnya sampel tiga orang petugas kebersihan Wisma Atlet itu dikirim ke Kemenkes untuk di tes Genome Sequencing.

Pada Jumat (10/12), menurut Budi, pihaknya sudah menerima sampel tiga orang tersebut. Hasilnya diketahui pada Rabu (15/12), seorang berinisial N dinyatakan terinfeksi Covid-19 varian Omicron.

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menambahkan, ketiga orang tersebut tidak mengalami gejala apa pun sebelum dilakukan tes. Bahkan menurut Budi, hasil tes PCR yang dilakukan juga menunjukkan hasil negatif. (ant)