DKI

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berkomitmen menghadirkan trotoar yang aman dan nyaman sekaligus ramah bagi penyandang disabilitas. Saat ini, 12 titik penataan trotoar di ibukota telah rampung dikerjakan. Rinciannya, empat di jalan arteri dan delapan di jalan lingkungan. Pengerjaan penataan dipusatkan pada kedua sisi trotoar sepanjang jalan tersebut beserta salurannya.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, penataan trotoar yang dikerjakan pihaknya berlokasi di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mencakup Jalan Senopati, Jalan Suryo, dan Jalan Woltermonginsidi. Lokasi lainnya yaitu di Jalan Duri Kosambi, Jakarta Barat. Sementara penataan trotoar di jalan lainnya dikerjakan oleh masing-masing Sudin Bina Marga.

Hari merinci, penataan trotoar di Jalan Senopati dan Jalan Suryo sepanjang 4,4 kilometer, dan Jalan Woltermonginsidi sepanjang 2,7 kilometer. Sementara trotoar yang ditata di Jalan Duri Kosambi sepanjang 1,8 kilometer.

“Sebelumnya kita kerjakan saluran dulu, baru dilanjut trotoar. Sekarang sudah selesai 100 persen baik trotoar maupun saluran,” ujar Hari, Kamis (16/12).

Hari menjelaskan, penataan trotoar di Kawasan Kebayoran Baru dan Jalan Duri Kosambi menggunakan konsep Complete Street yakni penataan ulang ruang jalan sesuai dengan fungsinya secara ideal dan lengkap untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan pengguna jalan.

Ditambahkan Hari, Complete Street dapat diterapkan pada trotoar dengan lebar tiga sampai empat meter. Lain halnya trotoar di jalan lingkungan yang lebarnya berkisar 1,5 sampai 2,5 meter.

“Penataan fungsi jalan secara ideal dan lengkap itu mencakup jalur kendaraan, jalur sepeda, jalur hijau, pejalan kaki, street furniture, dan aksesoris seperti, PJU, tanaman, dan kursi. Kemudian, mencakup juga penataan jaringan utilitas seperti manhole utilitas atau ducting system. Prinsipnya, penataan yang mengakomodasi kebutuhan sesuai porsi yang tepat dengan memprioritaskan pejalan kaki, pesepeda, dan pengguna transportasi umum,” jelas Hari.

Berikut daftar trotoar yang ditata oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta pada tahun 2021:
1. Kawasan Kebayoran Baru a. Jalan Senopati b. Jalan Woltermonginsidi c. Jalan Suryo
2. Jalan Duri Kosambi
3. Jalan Tebet Raya lanjutan
4. Jalan Raden Saleh Raya
5. Kawasan Sentra Primer Barat a. Jalan Puri Wangi b. Jalan Pesanggrahan
6. Jalan Layur
7. Kawasan Taman Segitiga Gorontalo a. Jalan Gorontalo Raya b. Jalan Gorotalo II c. Jalan Gadang. (hop)