Satpol PP

Kastara.ID, Jakarta – Kamis (17/1) pagi telah terjadi bentrokan antara pedagang kaki lima dengan Satuan Polisi Pamong Praja Tanah Abang di depan Hotel Sudi Mampir, Jalan Jatibaru Raya, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Diketahui belakangan tiga orang pedagang yang diduga sebagai provokator ditangkap. Mereka sudah dibawa Satpol PP ke Kepolisian Sektor Tanah Abang.

Tiga orang itu ditangkap setelah tim dari Polsek Tanah Abang, Satpol PP Jakarta Pusat, dan Kecamatan Tanah Abang melakukan penyisiran di lokasi sekitar pukul 11.30 WIB.

Dari video yang diperoleh Kastara.ID dari netizen, terlihat sejumlah orang yang diduga dari kelompok pedagang sedang berupaya mengejar petugas Satpol PP.

Operasi penertiban itu, seperti diungkap Kepala Satpol PP Kecamatan Tanah Abang Aris, telah berlangsung untuk mendorong optimalisasi pemanfaatan skybridge yang sudah jadi. “Tidak ada toleransi lagi bagi mereka untuk berdagang di trotoar,” jelas Aris.

Pedagang yang tak terima lapaknya digusur melempari petugas Satpol PP dengan batu dan benda-benda lainnya. Aris tak dapat memastikan berapa jumlah pedagang yang ikut serta dalam kericuhan tersebut. Alasannya petugas tak dapat membedakan antara pedagang dengan warga sekitar lantaran mereka berbaur. (hop)