Kastara.ID, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengapresiasi penghargaan Honorable Mention yang diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dari Komite Sustainable Transport Award 2020.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Azis mengatakan, penghargaan tersebut menandakan adanya sinergisitas antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam bidang transportasi dimana keduanya sama-sama memiliki kewenangan dalam mengelola transportasi.

“Kami salut sampaikan salut untuk Pak Gubernur dan seluruh jajaran. Ini membuktikan semua yang telah dikerjakan sudah on the track, dalam sinergi yang sinkron untuk mewujudkan blue print transportasi terintegrasi,” ujarnya (16/1).

Kendati demikian, Azis mengingatkan agar capaian tersebut tidak membuat Pemprov DKI merasa terlena lantaran masih banyak juga yang harus diselesaikan seperti meningkatkan kenyamanan, kemudahan, dan keamanan transportasi umum dengan sistem yang lebih memadai.

“Kita ingin lebih banyak lagi masyarakat yang mau beralih dari kendaraan pribadi menjadi menggunakan transportasi umum,” tandas Azis.

DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan sebagai Honorable Mention atas usahanya mengimplementasikan transportasi berkelanjutan pada Sustainable Transport Award 2020 di Walter E. Washington Convention Center, Washington DC, Selasa (14/1) waktu setempat.

Komite Sustainable Transport Award 2020 terdiri dari para ahli dan organisasi skala internasional yang sudah malang melintang di bidang transportasi berkelanjutan seperti, Institute for Transportation and Development Policy (ITDP)WRI Ross Center for Sustainable Cities The World Bank Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH Local Governments for Sustainability (ICLEI) BRT Center of Excellence Clean Air Asia CODATU Despacio AMEND Asian Development Bank.

Adapun delegasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekdaprov DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, dan Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri Hari Wibowo. (hop)