Headline

Pameran Kartorupa di Museum Bahari Ajak Kenali Peta Kuno Nusantara

Melalui pameran ini, warga Jakarta khususnya dapat mengetahui lebih dalam tentang Peta Kuno Nusantara, serta memperkuat keterkaitan dengan warisan leluhur.

“Pameran ini merupakan hasil Riset Publikasi Internasional Universitas Indonesia tahun 2023. Semoga dapat menyemangati warga yang berkunjung ke Museum Bahari karena di sini banyak berbagai program publik yang mengedukasi,” ujarnya (16/1).

Menurutnya, pameran Kartorupa ini menjadi kali pertama diadakan di Museum Bahari. Dalam pameran ini, pihaknya juga berkolaborasi dengan Komunitas Rembukan Penggiat Sejarah (Rempah), Cendekia Budaya (Cenaya) Nusantara, dan beberapa seniman.

“Pameran Kartorupa ini tidak hanya sekadar menampilkan peta-peta bersejarah, tetapi juga memadukan unsur seni. Saya mengapresiasi para perupa dan seniman karena melalui karya mereka, dapat menyatukan dimensi kartografi dan seni,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung kelestarian warisan leluhur dan bangsa ini. Selain pameran Peta Kuno, kegiatan ini juga didukung dengan workshop dan seminar yang akan berlangsung pada 18, 20, dan 24 Januari mendatang.

Diharapkan, melalui pameran ini memberi manfaat bagi masyarakat, dapat memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan multi-sensori, menginspirasi untuk generasi muda serta membawa lebih dekat kepada pengetahuan yang mendalam akan warisan peta yang berharga ini.

“Semoga pameran dan acara pendukung ini bisa bermanfaat bagi semua pengunjung, cukup membeli tiket Museum bisa mendapatkan banyak fasilitas,” ucapnya.

Salah seorang pengunjung museum, M. Aditya Salman (24) mengaku baru pertama melihat pameran Kartorupa.

“Saya ingin melihat pameran ini karena ingin mengetahui lebih lanjut sejarah tentang kartografi di dunia, khususnya Indonesia,” terangnya.

Menurutnya, peta Indonesia setiap tahun bahkan abad selalu ada penyesuaian. Sebagai generasi milenial, ilmu peta kuno ini sangat penting untuk dipelajari dan ketahui.

“Sangat bagus dan patut apresiasi, tidak hanya warga Jakarta tapi banyak pengunjung mancanegara yang melihat. Ayo datang, banyak informasi sejarah yang bisa didapat di museum,” tandasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

KBBI Wadah Untuk Jaring Aspirasi Warga Kota Depok

Kastara.Id,Depok - Program Nyentil Imam merupakan wadah menjaring aspirasi dan masukan untuk warga Depok yang…

Yuks, merapat ke NASGOR BABE Alfie di Kota Depok

Kastara.Id.Depok - NasGor Kambing, Sapi, Ayam dan NasGor Singapore (seafood),  Tongseng Kambing/Sapi  dan Sop Iga.…

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…

Partai NasDem Mendukung Imam Budi Hartono Maju Menjadi wali kota Depok

Kastara.Id,Depok - Ketua DPD Partai NasDem Kota Depok memberikan sinyal koalisi jelang pemilihan kepala daerah…

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…