Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Juru Bicara penanganan Corona Achmad Yurianto mengatakan, pasien positif corona di Indonesia melonjak hingga 172 orang. Peningkatan terbanyak berasal dari wilayah DKI Jakarta. Namun demikian, Yuri mengatakan tidak ada penambahan jumlah korban meninggal.

“Tanggal 16 pagi sampai malam ada kasus baru 20, dari pemeriksaan spesimen dan ditambah enam orang. Sehingga total 172 kasus,” kata Yurianto dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Selasa (17/3).

Ia merinci peningkatan jumlah pasien tersebut sebagai berikut, hingga tanggal 15 Maret jumlah pasien positif corona, berjumlah 134 orang. Kemudian jumlah pasien positif bertambah sebanyak 12 kasus sehingga menjadi 146 kasus, dan kini bertambah lagi hingga 172 orang.

Secara umum, kondisi pasien yang dirawat membaik. “Dari awal sudah ada sembilan sembuh dan dinyatakan bisa pulang, dan ada beberapa orang yang menunggu pemeriksaan kedua,” katanya.

Menurut Yuri, jumlah pasien kemungkinan akan bertambah. “Kita laksanakan tracing, dan edukasi ke masyarakat, mereka harus waspada, beberapa yang merasa kontak dengan kasus positif, melaksanakan pemeriksaan ke RS,” katanya.

Selain itu, Yuri menambahkan, pemerintah juga sudah mensosialisasikan ketentuan isolasi di rumah kepada masyarakat. “Isolasi rumah bukan sesuatu yang sulit, namun membutuhkan komitmen kuat dari pasien dan keluarga. Harus menggunakan masker, menjaga jarak,” katanya. (ant)