COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta melakukan desinfeksi secara masif di berbagai titik lokasi untuk mencegah penularan COVID-19.

Lokasi yang didesinfeksi yakni ruang publik, fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos fasum), sekolah, rumah ibadah, serta kantor pemerintahan.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, warga dipersilakan menghubungi Kantor Suku Dinas Gulkarmat di wilayah masing-masing untuk penyemprotan disinfektan di lingkungan mereka.

“Silakan meminta petugas untuk melakukan desinfeksi. Meski waspada kita harus tetap tenang dan jangan khawatir yang berlebihan,” ujarnya, Selasa (17/3).

Satriadi menjelaskan, pencegahan penularan COVID-19 juga harus dilakukan dengan menjaga kebersihan mandiri secara terus-menerus. Untuk itu, sambil melakukan desinfeksi, petugas Gulkarmat diminta untuk menyosialisasikan pencegahan penularan COVID-19 kepada warga.

“Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan warga dalam mencegah penularan COVID-19. Contoh, di tempat yang sering disentuh seperti gagang pintu itu harus dibersihkan tiap dua jam sekali menggunakan disinfektan. Pemahaman itu yang harus dijelaskan ke masyarakat,” tandasnya. (hop)