MotoGP 2022(motogp.com)

Kastara.ID, Le Mans – Pembalap asal Spanyol Pol Espargaro mengambil keputusan untuk meninggalkan KTM pada akhir musim kompetisi 2020 yang lalu, demi bergabung dengan tim pabrikan Repsol Honda.

HRC mengontrak Pol selama dua musim 2021 dan 2022. Namun sejauh ini hasilnya kurang baik untuk Pol, butuh waktu lama untuk memahani motor RC213V.

Di tengah perjuangannya menaklukkan Honda, kini sudah banyak beredar rumor Pol akan digantikan pembalap lain, salah satu nama yang disebut-sebut adalah Joan Mir.

Tahun ini pasar transfer memang sedang panas dan bergejolak, terlebih dengan mundurnya Suzuki mulai tahun depan.

KTM dikabarkan tertarik membawa kembali Pol mulai tahun depan, hal ini disampaikan langsung oleh manajer sang pembalap, Homer Bosch.

Bosch juga menjelaskan bahwa Pol dan Honda sejauh ini belum membicarakan rencana masa depan mereka, tapi hubungan baik-baik saja.

“Saya melihat tujuan kedua pihak sama, ingin Pol tetap bertahan untuk melanjutkan proyek Honda di MotoGP. Kami memang belum membicarakan tentang detail perpanjangan kontrak,” ujar Bosch kepada AS seperti dikutip Motorsport.

Tapi jika rencana tersebut gagal, Pol mungkin akan kembali ke tim lamanya, karena KTM masih berminat.

“Memang ada sejumlah pabrikan yang tertarik dengan Pol, karena ia salah satu pembalap dengan bakat dan teknik bagus di grid saat ini. Pol berhasil menunjukannya dan ada tanda-tanda dari pabrikan lain yang ingin menariknya,” jelas Bosch.

“Saya tegaskan, bukan hanya satu tapi beberapa pabrikan. Memang belum sampai pada negosiasi, baru sebatas kontak. Beberapa bahkan sudah lebih maju (komunikasinya) dibanding lainnya. Salah satunya KTM,” ungkapnya.

Jika benar Pol akan kembali ke KTM, artinya besar kemungkinan dia akan bergabung ke tim pabrikan mengganti pembalap Portugal, Miguel Oliveira. Menarik untuk dinanti. (tra)