KKB

Kastara.ID, Jakarta – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Yosua Pandit Sembiring mengatakan, dua prajurit TNI dari satuan Yonif 751/VJS telah menjadi korban serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Keduanya adalah Pratu Panji tertembak pada bagian lengan kiri dan Pratu Sirwandi tertembak pada paha kiri. Saat ini keduanya telah mendapat perawatan medis di RSUD Wamena.

Serangan dilakukan beberapa saat menjelang peringata HUT Kemerdekaan RI. Yosua menjelaskan, pada Jumat (16/8) 12 anggota TNI sedang konvoi membawa logistik satgas Pamrahwan di Trans Wamena-Habema. Sekitar pukul 15.30 WIT selepas mengantar logistik, dua unit kendaraan personel TNI mendapat serangan di KM 39 jalan Trans Wamena-Habema. Kuat dugaan serangan dilakukan kelompok pimpinan Egianus Kogoya.

Yosua menambahkan, 12 personel TNI langsung turun dari kendaraan dan melakukan serangan balasan. Sekitar 20 menit terjadi kontak senjata sebelum anggota KKB tersebut melarikan diri. Setelah situasi berhasil dikuasai, barulah diketahui dua orang anggota TNI menjadi korban tembakan. Yosua menyebut pihaknya telah memerintahkan seluruh personel Satgas Pamrahwan meningkatkan kewaspadaan. Personel TNI juga diperintahkan mengawasi lokasi yang kemungkinan dijadikan jalan para anggota KKB untuk melarikan diri. (rya)