Soekarno.

Kastara.ID, Jakarta – Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan ke-78 pada 17 Agustus 2023. Begitu banyak pencapaian yang telah diraih negeri ini yang dirintis oleh tokoh-tokoh yang menoreh sejarah dengan kiprahnya masing-masing. Perjuangan mereka di zaman yang berbeda dengan rintangan berat seperti menaklukkan penjajahan sepantasnya membuat kita tergerak untuk mengisi kemerdekaan dengan berarti. Untuk semakin membuat jiwa nasionalisme kita bergelora dalam menyambut Hari Kemerdekaan, simak lima rekomendasi tayangan bertema kebangsaan berikut.

Buya Hamka Vol. 1

Buya Hamka.

Film biografi dari sutradara Fajar Bustomi ini mengangkat kisah cendekiawan muslim ternama Buya Hamka (Vino G. Bastian) mulai dari asal-usulnya yang sederhana di Sumatera Barat hingga pencapaian politiknya. Babak demi babak kisah hidupnya dipaparkan, antara lain menjadi tokoh utama penggerak organisasi Muhammadiyah, menjalani karier di bidang jurnalistik, hingga terlibat dalam proses politik di masa genting untuk mengakhiri penjajahan. Film yang akan mulai tayang di Netflix pada 17 Agustus ini turut menampilkan deretan aktor ternama seperti Laudya Cynthia Bella, Donny Damara, Teuku Rifku Wikana, Verdi Solaiman, Marthino Lio, Reza Rahadian, hingga Mathias Muchus.

Soekarno

Soekarno.

Dimulai dari kisah Soekarno muda di tahun 1920-an, drama biografi tentang presiden pertama Indonesia ini mengangkat perjuangan nasionalismenya dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Belanda dan Jepang yang membuat ia berkali-kali mendekam dalam penjara dan pengasingan. Film ini disutradarai Hanung Bramantyo dan dibintangi antara lain oleh Ario Bayu sebagai Soekarno, Lukman Sardi, serta Maudy Koesnaedi. Soekarno meraih 13 nominasi dalam Festival Film Indonesia 2014 dan berhasil mendapatkan empat Piala Citra, untuk Tika Bravani sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Editing Terbaik, Tata Artistik Terbaik, dan Tata Busana Terbaik.

Kadet 1947

Kadet 1947.

Berlatar waktu setelah Perang Dunia II, sekelompok pemuda Angkatan Udara Indonesia menjalani misi rahasia melancarkan serangan udara untuk pertama kalinya kepada tentara Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa. Diangkat dari kisah nyata, film Kadet 1947 meraih tujuh nominasi dalam Festival Film Indonesia 2022 dan mendapatkan Piala Citra untuk Penata Rias Terbaik serta dinobatkan sebagai Film Terbaik dalam JAFF Indonesian Screen Awards 2021.

Kartini

Kartini.

Kartini bercerita mengenai seorang gadis keturunan ningrat yang berjuang melawan tradisi dan berusaha sekuat tenaga meningkatkan akses pendidikan perempuan di awal tahun 1900-an. Dengan tokoh emansipasi perempuan Indonesia sebagai karakter utama, Kartini memimpin perolehan nominasi FFI 2017 dalam 14 kategori, termasuk Film Terbaik, dan berhasil menangguk Piala Citra bagi Christine Hakim sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Film karya Hanung Bramantyo ini menampilkan sederet aktris ternama seperti Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Ayushita, dan Adinia Wirasti.

Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta

Suktan Agung.

Pada abad ke-17, raja ketiga Kerajaan Mataram yaitu Sultan Agung Mataram harus menghadapi permasalahan hati sekaligus memimpin rakyatnya melewati pergolakan di kepulauan Indonesia. Dalam upayanya menyatukan adipati-adipati di tanah Jawa yang tercerai-berai oleh politik VOC, sang sultan yang gagah berani juga harus berhadapan dengan berbagai pengkhianatan dan tetap melindungi rakyatnya. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta menampilkan performa solid para aktornya seperti Ario Bayu, Adinia Wirasti, Putri Marino, Marthino Lio, dan Teuku Rifnu Wikana.

Mari sambut Hari Kemerdekaan Indonesia dengan meresapi perjuangan para tokoh di atas dengan menyaksikan kisahnya. (cinemags/nad)