Headline

Teknologi Semi Mekanik Dipakai di RPH Dharma Jaya

Kastara.ID, Jakarta – Untuk lebih memaksimalkan pemanfaatannya, PD Dharma Jaya menerapkan teknologi semi mekanik di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Cakung, Jakarta Timur.

Direktur Usaha PD Dharma Jaya Mohamad Adam Ali Bhutto mengatakan, penggunaan teknologi semi mekanik untuk efisiensi fungsi RPH dan cost leadership. Sebelumnya RPH Cakung menggunakan sistem teknologi line system.

“Karena dengan menggunakan line system, total cost yang dikeluarkan lebih besar akibat biaya listrik yang tinggi. Dulu sistem ini digunakan karena tingginya tingkat pemotongan hewan ternak di RPH Dharma Jaya, yaitu 700 hingga 1.000 ekor per hari, namun seiring meningkatnya volume daging impor, jumlah pemotongan di RPH Dharma Jaya saat ini hanya sekitar 80 ekor per hari, itulah kenapa harus diganti,” jelasnya, Selasa (17/9).

Rekayasa tersebut, lanjut Adam, dilakukan secara bertahap dan melibatkan nasabah pemotong untuk mencari masukan, agar nasabah merasa nyaman dengan perubahan tersebut. Rekayasa ditarget tahun ini selesai pengerjaannya.

“Biaya yang sudah Dharma Jaya keluarkan baru sebesar Rp 70 juta, dari total yang dibutuhkan untuk rekayasa teknologi sekitar Rp 300 juta sampai akhir tahun ini,” katanya.

Adam mengungkapkan, saat ini ruang pemotongan dengan line system (otomatis) yang dimiliki PD Dharma Jaya dipecah dua, satu menjadi ruang line system dengan ukuran lebih kecil dan satu ruangan proses pemotongan semi mekanik.

“Satu line system lainnya dipecah juga menjadi dua ruangan proses pemotongan semi mekanik. Jadi total ruangan proses pemotongan menjadi satu line system dan tiga ruangan semi mekanik,” tandasnya. (rya)

Leave a Comment

Recent Posts

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…