Headline

Masinton Pasaribu: KPK Tetap Bisa Lakukan OTT

Kastara.ID, Jakarta – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu membantah pernyataan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo yang mengatakan KPK tidak bisa lagi melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Masinton menegakan, KPK tetap bisa melaksanakan OTT setelah Undang-Undang (UU) KPK hasil revisi berlaku.

Saat berbicara di Gedung DPR, Senayan, Jakarta (16/10), Masinton menduga Agus tidak memahami isi UU KPK hasil revisi. Menurutnya UU KPK hasil revisi tetap memungkinkan KPK menggelar OTT. Pasalnya KPK tetap memiliki wewenang melaksanakan fungsi pencegahan, penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan, termasuk melakukan penyadapan.

Anggota DPR yang juga salah satu inisiator revisi UU KPK ini menambahkan perbedaan aturan pada UU KPK lama dan baru hanyalah pada Dewan Pengawas. Pada aturan lama, tidak ada keharusan KPK mendapat izin dari Dewan Pengawas. Sedangkan dalam aturan baru, KPK wajib meminta izin terlebih dahulu dari Dewan Pengawas.

Terkait belum terbentuknya Dewan Pengawas, Masinton menyebut izin cukup diberikan oleh anggota komisioner.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan pihaknya tidak lagi bisa melakukan OTT. Pasalnya mulai Kamis (17/10) UU KPK hasil revisi sudah resmi berlaku. Agus menyebut dalam aturan yang baru, KPK bukan lagi penyidik, penuntut dan penegak hukum. Hal inilah yang menghalangi lembaga anti rasuah itu melakukan OTT.

Agus pun mengingatkan Mendagri Tjahjo Kumolo yang kini menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) akan adanya dampak dari pelaksanaan UU KPK yang baru. Dampak ini menurut Agus muncul lantaran Presiden Jokowi tak kunjung menerbitkan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK. (rya)

Leave a Comment

Recent Posts

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…