Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menyampaikan, keikutsertaan UMKM lokal di pameran Fashion World Tokyo 2023 ini merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memberdayakan dan mengembangkan UMKM agar mampu bersaing di kancah Internasional.

“Upaya ini dilakukan untuk terus mengembangkan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian negeri agar mampu bersaing di kancah internasional, berdaya saing tinggi dan memperluas pemasarannya sehingga mampu menyejahterakan seluruh sumber daya yang terlibat di dalamnya,” ujar Ratu, Selasa (17/10).

Sari selaku pemilik usaha Sweet Shabrina, menjelaskan, keikutsertaannya sebagai binaan Pemprov DKI Jakarta melalui program kewirausahaan terpadu Jakarta Entrepreneur mampu memberikan pelajaran mulai dari pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan, hingga permodalan.

“Pertama itu kita dapat belajar bagaimana cara berbisnis dan yang kedua adalah dengan bergabung sebagai binaan Jakarta Entrepreneur usaha kami semakin maju karena selalu didukung untuk terus berkembang dengan mengikuti bazar atau pameran dan diiklankan,” tandasnya. (hop)