Kastara.ID, Mandalika — Tim pabrikan Repsol Honda baru memastikan satu pembalap untuk MotoGP 2024 mendatang.

Awalnya mereka memiliki pembalap lengkap. Hanya saja pembalap asal Cervera, Marc Marquez, meminta keluar di tengah kontrak yang sebenarnya berakhir 2024.

Honda tak dapat memaksa pembalap untuk tetap bersama mereka, apalagi yang tidak bahagia. Honda pun disebut-sebut menghubungi banyak pembalap untuk mencari pengganti Marquez.

Nama terbaru yang dikaitkan dengan tim Repsol Honda sekarang adalah pembalap utama Aprilia Racing, Aleix Espargaro.

Saat ini Aleix masih terikat kontrak dengan Aprilia hingga akhir 2024.

Namun Aleix sendiri membuka diri jika memang ada tawaran dari Repsol Honda. Menurutnya, Repsol Honda adalah tim terbesar, Barcelonanya MotoGP, hanya saja sedang berada dalam masa sulit.

“Honda selalu menjadi pilihan bagus,” ungkap Aleix yang diwawancarai DAZN dan dilansir Crash.net.

“Saya selalu membuat perumpamaan yang sama, Honda bagi saya adalah Barcelona, ​​tim (sepakbola) terbaik di dunia dan terbesar. Mereka sedang melalui masa sulit, itu tidak dapat disangkal, namun Barca juga sedang melaluinya dan semua pemain ingin pergi,” tandasnya.

Kontrak Aleix dengan Aprilia baru akan berakhir pada 2024, tapi bisa saja Aleix akan mempertimbangkan pindah ke Honda jika ada permintaan.

“Tergantung, semuanya harus dianalisa dalam hidup ini,” imbuh Aleix.

“Mengapa tidak? Seperti yang saya katakan sebelumnya, semua orang akan pergi ke Barca,” tandas pembalap asal Catalan itu.

Selain Aleix, dua pembalap Aprilia lainnya, Maverick Vinales dan Miguel Oliveira, juga disebut-sebut masuk dalam bidikan Honda. (tra)