Kastara.ID, Ricardo Tormo — Pembalap asal Spanyol, Marc Marquez harus melanggara kontraknya dengan HRC, keluar setahun lebih awal dari tim pabrikan Repsol Honda.

Marquez selanjutnya akan bergabung dengan tim satelit Gresini Racing pada 2024 yang seharunya menjadi tahun terakhir dari kontrak empat musimnya dengan Honda.

Namun kini keputusan telah diambil dan dianggap sama-sama menguntungkan. Marquez akan mendapat motor juara di Ducati, sementara Honda untung karena menghemat banyak anggaran dan bisa dialihkan ke pengembangan motor.

Ini merupakan “win-win solution” bagi kedua belah pihak, artinya kedua belah pihak sama-sama menang. Hal ini diakui sendiri oleh Marquez.

“Maksud saya, bagi saya, penjelasannya mudah,” ungkap Marquez yang dilansir Motorsport.com.

“Hubungan kami dengan Honda selalu sangat jujur, sangat bersih, dan sangat baik. Dan kami telah menjalani 11 tahun, menurut saya, sangat sukses, dengan hubungan ‘sama-sama menang’,” imbuh Marquez.

“Dan menurut saya keputusan untuk tahun depan ini juga merupakan ‘win-win’. Mengapa? Karena saya akan pindah ke motor yang memimpin kejuaraan dan saya akan berusaha mencapai tujuan saya, yaitu mencoba untuk merasa kembali kompetitif. Merasa kompetitif bukan berarti menang, itu hanya berarti merasa kompetitif, berkendara lebih nyaman dan berusaha memperebutkan posisi pertama di beberapa balapan. Kenyataannya adalah semua anggaran yang mereka (Honda) bayarkan kepada saya akan disalurkan ke (pengebangan) motor. Itu juga penting,” tandas Marquez.

“Zona nyaman saya ada di sini, yaitu tetap di sini, mengendarai motor (Honda) dan mendapatkan gaji, dan tanpa tekanan. Tapi saya pikir sekarang hal terbaik untuk proyek ini adalah mereka menginvestasikan segalanya (apa yang telah mereka bayarkan kepada saya) pada proyek ini dialihken ke motor. Honda adalah Honda. Honda akan kembali ke puncak dengan atau tanpa saya. Jadi saya pikir mereka bisa melakukannya,” pungkas Marquez.

Kepergian Marquez membuat Honda hemat anggaran 15 juta euro atau setara dengan 255 miliar Rupiah, yang bisa dialihkan ke pengembangan motor. (tra)