New SIGA

Kastara.ID, Depok – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok menggelar pelatihan penerapan aplikasi Sistem Informasi Keluarga (New SIGA) bagi penyuluh Keluarga Berencana (KB) dan petugas fasilitas kesehatan pemberi layanan KB. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih para petugas di wilayah cara melakukan penginputan data pada aplikasi tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana DP3AP2KB Kota Depok, May Haryanti menjelaskan, pihaknya menggelar pelatihan selama dua hari. Terhitung mulai 15-16 Februari 2022.

“Kami ingin meningkatkan kualitas data yang ada di Aplikasi New Siga Kota Depok. Untuk itu, kami latih para petugas lapangan dan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) supaya bisa mengoperasikan aplikasi itu,” jelasnya seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Jumat (18/2).

May menuturkan, New SIGA adalah sistem informasi yang lebih kekinian dan akuntabel. Aplikasi ini akan menjadi data operasional bagi penyuluh KB dan pihak terkait dalam melakukan intervensi terhadap program pemberdayaan keluarga

Lebih jauh, kata May, data dan informasi keluarga yang terinput dalam New Siga akan berfungsi sebagai alat monitoring. Selain itu, juga sebagai dasar perencanaan, pengukuran kinerja, dan peta kerja pada setiap tingkatan wilayah program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

“Materi disampaikan oleh perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat tentang cara pelaporan rutin pada pengendalian lapangan dan pelayanan KB,” pungkasnya.