Giant

Jastara.ID, Depok – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menyediakan layanan Hotline gangguan pada wifi untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pengaduan bisa dilakukan melalui nomor 08111625622 atau 08981180707.

“Untuk mekanisme pelaporan gangguan, kami sudah sediakan nomor pengaduan dari awal pelaksanaan wifi PJJ. Bisa ke nomor 08111625622 atau 08981180707,” ujar Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto, di ruang kerjanya, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Jumat (18/3).

Dikatakannya, pengaduan cukup dengan mengirim pesan melalui nomor WhatsApp tersebut. Beberapa kendala yang sering diadukan yaitu terkait koneksi internet putus, kabel tersangkut mobil, FO Cut, pergeseran Internet Service Provider (ISP) dan lain sebagainya.

“Jadi masyarakat cukup WA saja ke nomor Helpdesk. Tidak perlu membuat laporan ke Diskominfo, karena kami sudah punya tim yang siap siaga jika ada masalah pada RW Net,” ungkapnya.

Nantinya, lanjut Manto, jika masalah sudah diketahui melalui sistem, petugas teknisi akan menghubungi penanggung jawab yang ada di wilayah, RW setempat misalnya.

“Jadi ada dua mitigasi. Ada mitigasi yang sifatnya berdasarkan laporan, ada mitigasi yang dilakukan berdasarkan monitoring. Ketika kami lihat sistem ada jaringan yang alami gangguan, maka akan ada petugas teknisi yang melakukan kontak dengan penanggung jawab. Tidak harus selalu turun lapangan,” ujarnya.

“Mudah-mudahan layanan ini bisa menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki wifi yang alami gangguan,” tutupnya. (dha)