Pondok Pesantren Darul Qur'an Depok

Kastara.ID, Depok – Hari Raya Idul Adha 1442 H yang jatuh hari Selasa (20/7), akan segera tiba. Bersama Komunitas Pengajak Berqurban (Kompaq) Pondok Pesantren Darul Qur’an Depok, Jawa Barat, membuka layanan kurban sapi murah bagi warga yang tidak mampu yang ingin berkurban. Menurut Koordinator Kompaq sekaligus Pengasuh Ponpes Darul Fantastis, Ustadz Ahmad Yasin mengatakan, untuk tahun ini perayaan Hari Raya Idul Adha menyosong tema ‘Raih Taqwa Dengan Berqurban’.

Ustadz Ahmad mengatakan, untuk tahun lalu, dirinya juga pernah mengajak berkurban patungan 1 ekor sapi dengan nilai Rp 2 juta setiap orang. “Program ini kita sampaikan bagi warga Depok dengan finansial menengah ke bawah atau kurang mampu sudah bisa berkurban sapi,” katanya, Ahad (18/7).

“Untuk tahun ini dikarenakan masa pandemi Covid-19, pihaknya kembali mengajak Bapak dan Ibu ikut Kompaq patungan untuk 7 orang berqurban 1 ekor sapi dengan bobot sekitar 150 kg senilai Rp 1.600.00 setiap orang,” ujarnya.

Ustadz Ahmad juga mengungkapkan tim kompak Ponpes Darul Qur’an Fantastis telah melakukan survei sapi di beberapa kandang di wilayah Jabodetabek.

Dari hasil survei tersebut masih banyak penyedia hewan qurban yang belum laku sapinya karena dampak dari PPKM, terutama sekali sapi-sapi yang bobotnya sekitar 150 kg.

“Oleh karena itu dalam rangka taqarrub ilallaah (mendekatkan diri kepada Allah) sekaligus ta’awun (tolong menolong antara pembeli dan penjual). Kami mengajak para muslimin dan muslimah untuk berqurban,” imbuhnya.

“Alhamdulillah kami sudah mendapatkan amanah 3 (tiga) ekor sapi yang dagingnya akan kami salurkan kepada para santri dan juga para mustahiq lainnya yang membutuhkan,” katanya.

“Semoga dengan berqurban, Allah SWT melipatgandakan pahala kita, Allah berikan kita kesehatan yang prima, Allah berikan kita umur yang panjang, dan Allah jadikan kita hamba-hambaNya yang bertaqwa. Masyarakat bisa langsung mentransfer Qurban rekening BRI ke 3252-01-032027-53-7,” pungkasnya. (*)