PT Carpediem Aviasi Mandiri

Kastara.ID, Jakarta – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Polana Banguningsih Pramesti mengatakan pesawat kargo DHC6 REG PK-CDC Flight milik PT Carpediem Aviasi Mandiri dilaporkan hilang kontak atau lost contact pada Rabu, (18/9) pukul 10.54 WIT. Pesawat tersebut berangkat dari Bandara Mozes Kilangan, Timika, Papua, pada pukul 10.36 WIT. Dijadwalkan pesawat mendarat di Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada pukul 11.09 WIT.

Polana menambahkan, pesawat membawa empat awak terdiri dari Captain Dasep Sobirin, Flight Officer (FO) Yudra Tutuko, EOB Ujang Suhendar, dan seorang penumpang. Pesawat berjenis Twin Otter tersebut mengangkut beras milik PT Bulog.

Polona menambahkan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) Airnav dan Pangkalan Udara (Lanud) Yohanis Kapiyau. Selain itu Kemenhub juga berkoordinasi dengan PT Carpediem Aviasi Mandiri guna mencari keberdaan pesawat tersebut. Polona juga telah memerintahkan kepala kantor Otoritas Udara Wilayah X terus memonitor perkembangan lebih lanjut.

Diharapkan keberadaan pesawat bisa segera diketahui. Polona juga meminta maskapai penerbangan yang beroperasi di wilayah Papua selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan. (rya)