Tahun Baru

Kastara.ID, Jakarta – Malam pergantian tahun baru 2020 di Hong Kong tak akan dihiasi dengan pesta kembang api. Tak adanya perayaan pesta kembang api dikarenakan alasan keamanan terkait unjuk rasa yang berlangsung sejak Juni lalu.

Dewan Pariwisata Hong Kong (HKTB) menyatakan, sebagai ganti pesta kembang api, pihaknya akan menggelar pertunjukan cahaya yang tidak akan kalah meriahnya, Rabu (18/12). Pertunjukan cahaya akan digelar di pelabuhan ikonik Victoria Harbour dengan tambahan sedikit kembang api dari atap gedung.

Pihak kepolisian Hong Kong pun mengimbau kepada seluruh warga untuk tidak mengadakan pesta kembang api karena ada kemungkinan di saat yang bersamaan juga digelar aksi unjuk rasa.

Diketahui, perayaan kembang api merupakan salah satu dari sekian banyak acara besar yang batal diselenggarakan oleh pemerintah Hong Kong. Hal ini terkait unjuk rasa dan krisis politik yang mendera kota semiotonomi itu sejak enam bulan terakhir. Sejumlah acara besar dan berskala internasional yang batal diselenggarakan antara lain pertemuan ekonomi, ajang balap, serta konser musik. Situasi ini membawa Hong Kong pada posisi terparah sejak diserahkan oleh Inggris ke China pada 1997.

Diberitakan sebelumnya, aksi unjuk rasa pertama kali dipicu terkait rencana pengesahan RUU Ekstradisi, namun terlanjur berkembang ke isu yang lain, termasuk pemberlakukan demokrasi yang lebih luas di Hong kong, serta pemilihan pemimpin secara langsung. (har)