TPA Cipayung

Kastara.ID, Depok – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok berbagi cara menjaga iklim agar tetap baik. Terdapat tiga langkah yang perlu dilakukan.

Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati mengatakan, langkah pertama adalah melakukan pemilahan sampah sebelum dibuang. Dengan cara ini dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan setiap harinya.

“Kita ajak semua warga Depok untuk melakukan pemilahan sampah sebagai salah satu bentuk kecintaan kita terhadap lingkungan. Kami akan terus lakukan sosialisasi secara masif agar seluruh warga Depok tergerak untuk melakukan pemilahan sampah,” tuturnya, seperti dimuat di situs resmi Pemkot Depok (18/3).

Selanjutnya, kata Ety, yaitu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Dengan begitu polusi udara yang dihasilkan dari knalpot kendaraan dapat berkurang.

“Kendaraan itu kan menggunakan energi dan akan menghasilkan gas buang berupa karbon monoksida. Gas inilah yang dapat merusak ekosistem alam karena dapat menimbulkan polusi dan mencemari udara,” terangnya.

Langkah terakhir ialah menghemat penggunaan air dan listrik. Dengan cara memanfaatkan air secukupnya serta mematikan lampu yang tidak terpakai.

“Sejumlah langkah ini bisa dimulai dari diri sendiri. Aksi yang dimulai dari diri sendiri tentunya akan memberikan energi positif bagi orang lain,” pungkasnya. (lan)