Lomba Sinergitas Kecamatan Tingkat Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sri Utomo hadir mewakili Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam acara Lomba Sinergitas Kecamatan Tingkat Kota Depok Tahun 2022 di Aula kecamatan Cimanggis (18/7). Hadir pada kesempatan ini Camat Cimanggis Dodi Setiawan, Sekcam Cimanggis Bambang Eko, dan seluruh Lurah se-Kecamatan Cimanggis.

Sri Utomo membacakan amanah dari Wali Kota Depok Mohammad Idris, atas nama pribadi maupun pemerintahan sangat appresiasi atas kegiatan ini, dengan harapan mampu mendorong serta memotivasi kita semua untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Sebagaimana diketahui  kegiatan lomba ini adalah menindak lanjuti dari Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat nomor 16 tahun 2020 dan perubahan Pergub nomor 23 tahun 2018 tentang Pedoman Penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik di wilayah Provinsi Jawa Barat sebagai dasar pelaksanaan lomba kinerja sinergitas tingkat kecamatan Kota Depok tahun 2022,“ kata Sri Utomo.

Sri Utomo menambahkan, untuk kegiatan ini selaras dengan arahan dari Menteri Dalam Negeri bahwa kedudukan Camat sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga dalam hal ini terdapat lima poin khusus untuk dilaksanakan seorang camat dalam mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan.

Yang pertama, sebagian pelimpahan otonomi daerah kepada camat menjadi hal yang mutlak untuk dilaksanakan dalam rangka efektivitas dan efisiensi di dalam penyelenggaraan pemerintah di wilayah kecamatan.

Yang kedua, pemberian peluang kepada kecamatan untuk menyusun usulan-usulan kegiatan teknis dan didukung pendanaan berbasis kinerja, seperti dilakukan oleh perangkat daerah yang lain.

Dan yang ketiga adalah penguatan kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM) kecamatan harus dimaknai sebagai proses investasi kepemimpinan lokal jangka panjang, untuk mendukung tugas pokok dan organisasi kecamatan.

Keempat, perlu dilakukan peningkatan manajemen pelayanan dan gagasan inovasi publik untuk mendukung terciptanya pelayanan publik yang bermutu, efektif, dan efisien.

Dan yang terakhir, Camat secara konkret melaksanakan fungsi negara dalam rangka menciptakan kondisi yang dinamis, aman, tertib, bersinergi dengan berbagai elemen penyelenggara pemerintahan dan masyarakat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pemerintahan adalah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat.

“Camat merupakan bagian terdepan di wilayahnya dalam memberikan pelayanan pemerintahan. Dan untuk itu saya sangat apresiasi bagi camat yang telah bekerja keras, berkolaborasi dengan stakeholder untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan,” tutup Sri Utomo.

Selamat berlomba, selamat mengukir prestasi dan dalam kerangka mewujudkan Kota Depok Maju, Berbudaya, dan Sejahtera. (*)