Kastara.ID, Spielberg — Pembalap Spanyol, Alex Rins, telah memilih untuk pindah ke Yamaha mulai MotoGP tahun 2024 mendatang. Rins bakal resmi meninggalkan tim satelit LCR Honda Castrol setahun lebih awal dari kontraknya.

Salah satu yang membuatnya pindah adalah kurangnya dukungan dari Honda, yang sudah dikeluhkan Rins sejak awal musim.

Bos tim LCR, Lucio Cecchinello mengatakan bahwa Rins sebenarnya mendapat kontrak pabrikan langsung dari HRC.

Hanya saja ditempatkan di tim satelit, membuatnya sedikit lebih lambat dalam menerima update teknis motor dibanding tim resmi.

“Sebenarnya Alex memiliki kontrak pabrikan dengan HRC, tapi ketika Anda mengendarai motor pabrikan di tim satelit, semuanya akan memakan waktu lebih lama,” jelasnya yang dilansir Crash.net.

“Evolusinya tidak sama, selalu sedikit lebih lambat. Dia telah menunjukkan bahwa dia memiliki bakat dan kemampuan untuk memenangkan balapan,” imbuh Cecchinello.

Cecchinello mengatakan tentang keputusan Rins yang memilih pindah ke Yamaha sebelum kontrak berakhir.

“Kami tahu bahwa jika Alex menerima tawaran dari tim pabrikan, ini bisa terjadi. Dan sekarang kami mendedikasikan diri kami untuk mengevaluasi opsi yang berbeda. Pasarnya luas dan ada juga beberapa talenta muda di Moto2 untuk dipertimbangkan. Setelah Austria, kami pasti akan menutup kesepakatan,” tandasnya.

Patut dinanti pembalap yang bakal dipilih LCR sebagai pengganti Rins tahun depan. (tra)