JTF akan dilaksakan di tiga kota besar yaitu Palembang (18-22 Oktober 2023), Surabaya (1-5 November 2023), dan Lampung (15-19 November 2023).

Peserta JTF melibatkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta dari lintas sektoral yakni travel agent/tour operator, hotel, transportasi, pemandu wisata, destinasi wisata, maskapai penerbangan, toko suvenir, pengrajin batik dan sebagainya. Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif tersebut akan memberikan harga khusus selama pameran.

Andhika Permata mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk mempromosikan keunikan serta keragaman yang ada di DKI Jakarta sekaligus dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat BBWI – Bangga BerWisata di Indonesia dengan target 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara.

“Pemprov DKI Jakarta sangat mendukung program ini. Untuk itu kami berharap Jakarta Travel Fair dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta, untuk menikmati liburan di Jakarta saja,” ujar Andhika, Kamis (19/10).

Dia menyampaikan, JTF tahun ini berbeda dari sebelumnya karena akan menggandeng asosiasi sektor pariwisata seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia atau ASTINDO yang sudah seringkali menyelenggarakan berbagai event travel fair.

Para travel agent juga akan menawarkan harga spesial untuk paket-paket wisata unik dan baru akan ditawarkan seperti, 46 rute walking tour, door to door packagestudent programisland hopping dan lain-lain.

“Tujuannya supaya jumlah kunjungan wisatawan ke DKI Jakarta dapat semakin meningkat,” kata Andhika.

Dia mengatakan, sejumlah maskapai penerbangan juga turut serta mendukung kegiatan JTF 2023 melalui pemberian doorprize tiket dan promosi harga khusus selama pameran.

Dalam rangkaian kegiatan JTF 2023 ini juga akan diselenggarakan kegiatan corporate gatheringdestination presentationbusiness networking untuk memberikan kesempatan bagi peserta pameran/eksibitor dari Jakarta menginformasikan tentang kemajuan, keanekaragaman, keunikan kota Jakarta.

“Agar Jakarta dapat dipertimbangkan menjadi destinasi pilihan untuk perjalanan korporasi, sekolah, dinas, BUMD, serta masyarakat di luar Jakarta,” ucap Andhika.

Dia mengatakan, sejumlah bank juga ikut serta memberikan dukungan, berupa potongan harga dan bonus-bonus seperti e-money. Demikian juga dengan perusahaan telekomunikasi ikut berpartisipasi dalam pameran ini.

“Dinas Parekraf DKI Jakarta juga turut memboyong Abang dan None Jakarta sebagai duta pariwisata DKI Jakarta. Kegiatan JTF 2023 di Palembang Trade Centre juga akan dimeriahkan oleh Rony Parulian Idol dan Syarla Idol,” urai Andhika.

Dia menambahkan, pendapatan asli daerah Provinsi DKI Jakarta di sektor Hotel, Restoran dan Hiburan sampai 18 September 2023 sudah hampir memenuhi target dengan pencapain sebesar Rp 4,7 trilun dari target APBD 2023 yaitu senilai Rp 5,8 triliun.

“Dinas Parekraf DKI Jakarta berharap Jakarta Travel Fair dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta, untuk menikmati liburan di Jakarta saja,” tandas Andhika. (hop)