Firli Bahuri

Kastara.ID, Jakarta – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Firli Bahuri mendapat posisi baru sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Kemanan (Kabaharkam) Polri. Jabatan tersebut sebelumnya dijabat oleh Irjen Condro Kirono. Upacara pelantikan dilakukan pada Selasa (19/11) di Gedung Bareskrim Polri, Jalan Tronojoyo, Jakarta.

Pada acara serah terima jabatan yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Idham Aziz itu turut dilantik pula Irjen Istiono sebagai Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggantikan Irjen Refdi Andri, Irjen Priyo Widyanto sebagai Kapolda Sumsel menggantikan Irjen Firli Bahuri, dan Irjen Muktiono sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) yang sebelumnya dijabat Irjen Priyo Widyanto.

Firli diketahui telah terpilih menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini setelah Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memilih lima nama Pimpinan KPK periode 2019-2023. Saat itu Firli secara aklamasi terpilih menjadi Ketua KPK. Menurut rencana Firli dan kawan-kawan akan resmi memimpin lembaga anti rasuah itu pada Desember 2019.

Saat dimintai keterangan terkait jabatan barunya, Firli mengatakan, pekerjaan tidak hanya dilihat dari segi waktu. Ia menegaskan perlu dilihat pula bagaimana pekerjaan itu dilakukan, prosesnya, dan hasilnya. Diperkirakaan Firli menjabat Kabaharkam Polri hanya sebentar, sampai ia resmi menjadi Ketua KPK.

Firli menjelaskan, tugas pokok Kabaharkam adalah mewujudkan kamanan dan ketertiban masyarakat. Menurutnya, ke depan tugas tersebut tidak ringan, terutama dalam menghadapi pelaksanaan pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak pada 2020. Sekitar 270 daerah akan melaksanakan Pilkada. Itulah sebabnya, Baharkam selaku pelaksana utamanya sesuai dengan arahan Kapolri. (rso)