Panglima TNI

Kastara.ID, Jakarta – Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan keinginannya pulang kampung ke Malang, Jawa Timur. Hadi mengatakan ingin beristirahat sambil momong cucu setelah resmi tidak lagi menjabat sebagai pucuk pimpinan TNI.

Pernyataan itu disampaikan seusai serah terima jabatan (Sertijab) Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa, di Lapangan Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia (TNI), Cilangkap, Jakarta Timur (18/11).

Hadi mengaku ingin kembali bertemu dengan teman-temanya di Malang, Jawa Timur. “Ingin istirahat di rumah, momong cucu, dan bertemu kembali dengan teman-teman di Malang,” ucap Hadi.

Sementara Panglima TNI yang baru Jenderal Andika Perkasa menyatakan bakal melanjutkan tugas yang sebelumnya dilaksanakan Marsekal Hadi Tjahjanto. Andika mengatakan, tugas pokoknya adalah melaksanakan amanat yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 34 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini berjanji akan bekerja sebaik mungkin sebagai Panglima TNI. Andika juga mengucapkan terima kasih kepada Marsekal Hadi Tjahjanto karena acara sertijab dirasakannya dengan nuansa berbeda.

“Saya sebagai junior mengucapkan terima kasih banyak, kami merasa terhormat semuanya,” ucap Andika.

Dalam acara tersebut, Marsekal Hadi Tjahjanto menyerahkan panji-panji TNI, Tri Dharma Eka Karma kepada Jenderal Andika Perkasa. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan.

Sebelumnya, acara sertijab Panglima TNI, terdapat pembacaan Keputusan Presiden Keputusan Presiden Nomor 106 TNI Tahun 2021 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. (ant)